Robot Kecil Yang Dirancang Untuk Melawan Kanker Bisa Dimasukkan Ke Dalam Tubuh Manusia

by
Robot kecil yang dirancang untuk melawan kanker

Viral – Para ilmuwan telah mengembangkan robot kecil yang dirancang untuk melawan kanker serta dapat dikendalikan dari jarak jauh. Yang mereka harap suatu hari nanti akan digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan mengelola obat-obatan di dalam tubuh manusia.

Dikenal sebagai “biohybrids”, mereka adalah sel biologis dengan rekayasa yang berguna ditambahkan, partikel magnetik yang memungkinkannya dipandu ke seluruh tubuh.

Tapi meski memiliki kemampuan teknis tinggi, robot dibuat dari alga spirulina, produk lebih dikenal sebagai produk makanan kesehatan daripada bahan bangunan.

“Daripada membuat microrobot fungsional dari awal dengan menggunakan teknik dan proses laboratorium yang rumit, kami bertekad untuk secara langsung memberi insinyur bahan cerdas di alam,” kata Profesor Li Zhang, seorang insinyur di Universitas China Hong Kong yang berkontribusi dalam penelitian Ilmu Robotika.

Akibatnya, mereka bisa memanfaatkan sifat intrinsik ganggang tersebut.

Misalnya, karena bot biohybrid ini memiliki interior biologis dan eksterior oksida besi alami alami, kita dapat melacak dan menggerakkan segerombolan agen di dalam tubuh dengan mudah menggunakan pencitraan fluoresensi dan pencitraan resonansi magnetik, “kata Profesor Zhang

Robot Kecil Yang Dirancang Untuk Melawan Kanker Dapat Dikendalikan Dari Jarak Jauh

Ini berarti para ilmuwan mampu mengendalikan robot dari jarak jauh dengan menggunakan magnet saat mereka memindahkannya ke tempat-tempat di perut tikus.

Perangkat tersebut juga melepaskan senyawa perusak kanker saat mereka terdegradasi, yang berarti mereka berpotensi menangkal penyakit.

“Menciptakan sistem robot yang bisa digerakkan dan dipandu ke dalam tubuh telah dan masih merupakan grail suci di bidang rekayasa sistem pengiriman,” kata peneliti nanomedicine Profesor Kostas Kostarelos, anggota tim lain dari University of Manchester.

Robot juga mampu merasakan perubahan dalam tubuh yang terkait dengan onset penyakit, kemampuan yang bisa membuat alat tersebut berguna untuk didiagnosis.

Ini masih merupakan hari-hari awal bagi para robot. Tes yang ketat perlu dilakukan untuk memastikan bahwa telah dimasukkan ke dalam tubuh, mereka menurunkannya secara alami tanpa meninggalkan zat berbahaya, atau bisa dibuang atau diekskresikan setelah menyelesaikan pekerjaan mereka.

Salah satu poin penting tentang pekerjaan ini, kata Profesor Kostarelos, adalah bahwa ini adalah contoh pertama bagaimana robot semacam itu dapat menurunkan secara alami.

Lapisan magnetik besi membantu menyempurnakan tingkat di mana titik-titik itu menurunkan dalam tubuh.

Potensi sebenarnya dari robot kecil yang dirancang untuk melawan kanker ini, menurut Profesor Kostarelos, terletak pada potensi untuk menavigasikannya ke arah “rongga tubuh manusia yang sulit dijangkau” di mana mereka dapat mengobati atau mendiagnosis penyakit tanpa memerlukan metode yang lebih invasif.

Berikan Komentar Anda Disini

comments