Pelajaran dari Viral Suporter Jepang Punguti Puntung Rokok di Asian Games

by

Bacakoran.net , Jakarta – Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia sebagai tuan rumah dinilai cukup berhasil. Momen-momen unik mulai dari pembukaan yang spektakuler hingga perolehan emas untuk Indonesia yang gemilang adalah contohnya.

Akan tetapi, baru-baru ini sorotan soal sampah puntung rokok yang ada di bawah pohon jadi viral. Dari foto yang tersebar dari akun Instagram @indonesiatillidie, beberapa orang yang diduga penonton asal Jepang meluangkan waktu mereka untuk membenahi sampah tersebut yang jelas mengganggu pemandangan dan kebersihan.

 

Unggahan tersebut mendapatkan respons beragam dari warganet, kebanyakan memuji aksi yang dilakukan oleh warga Jepang tersebut dan berpendapat bahwa seharusnya orang Indonesia dapat mencontoh perbuatan tersebut.

“Malu harusnya, kita budaya hidup bersih masih rendah banget. Itu pelajaran buat kita semua dari budaya Jepang. Mau sampe kapan aksi spontanitas dilakukan oleh orang asing??” tulis pemilik akun @bin**rrrr.

“Tamparan keras buat tuan rumah,” sahut lainnya.

Beberapa orang banyak juga yang menyarankan agar lain kali orang Indonesia turut turun tangan untuk memunguti sampah yang berceceran. Lebih baik lagi sih untuk tidak ikutan buang sampah sembarangan, setuju?

Ada pula komentar yang menyarankan untuk tidak usah merokok. Selain karena sampahnya mengganggu lingkungan, juga karena asapnya tidak baik untuk kesehatan.

Aksi supporter Jepang ikut bersih-bersih sebelumnya juga sempat ramai dibicarakan saat perayaan Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka membersihkan stadion yang berserakan sampah usai pertandingan. Salut dan sudah seharusnya dicontoh!

Berikan Komentar Anda Disini

comments