Naturalisasi, Normalisasi Sungai ala Anies Baswedan apa bermanfaat?

by
Berita Hari Ini
Berita Hari Ini

Berita Hari Ini , Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki solusi untuk menangani banjir di Ibu Kota. Salah satunya, naturalisasi sungai.

“Ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan,” kata Anies di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2/2018).

Namun, Anies belum mau membeberkan bagaimana kelanjutan program normalisasi dan pemasangan turap di sungai. Anies mengaku tak mau membuat kontroversi bila menjawab pertanyaan soal normalisasi dan penataan rumah pinggir kali.

Istilah naturalisasi sungai ini beberapa kali dilontarkan Anies Baswedan sejak beberapa waktu lalu. Seperti ketika meninjau banjir di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan yang disebabkan tanggul di wilayah tersebut jebol pada pertengahan Desember 2017.

Pada pemerintahan sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat memakai istilah normalisasi sungai untuk menangani banjir. Sungai dikeruk dan merelokasi warga yang tinggal di bantara sungai. Namun, Anies menuturkan naturalisasi sungai berbeda dengan normalisasi.

Naturalisasi sungai, tutur Anies, tidak akan menggusur rumah warga di bantaran sungai. Dia hanya hanya akan menggeser rumah warga.

Berikan Komentar Anda Disini

comments