Dirlantas Polda Metro tak setuju Anies-Sandi tutup Jl Jatibaru demi PKL Tanah Abang

by

Bacakoran.net, Jakarta – Langkah Pemprov DKI Jakarta menutup Jl Jatibaru, Tanah Abang untuk lapak jualan pedagang mendapat kritikan keras dari Direktorat Lalu lintas Mapolda Metro Jaya. Penutupan itu sudah dilakukan sejak Jumat (22/12) dan hanya dilakukan setengah hari mulai pukul 8 pagi hingga 18 sore.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra, menolak penutupan jalan terus dilakukan karena menimbulkan kemacetan yang lebih parah pada daerah lainnya.

“Jadi begini, kemarin kan ikut rapat sama Dishub, anggota saya belum laporan terkait hal tersebut. Kalau bagi saya, kalau di situ banyak kendaraan kenapa dibuatkan tempat itu dibikin kaki lima, kalau saya sih nggak bisa sih (tidak setuju), kalau mengganggu lalu lintas,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (27/12).

“Tapi kalau memang di situ tidak dilalui sama kendaraan ya bisa saja dimanfaatkan oleh pemda, kalau tidak dilalui oleh kendaraan,” sambungnya.

Halim akan membicarakan langkah yang dilakukan Pemprov DKI soal penataan Tanah Abang dengan seluruh institusi. Hal ini untuk menemukan jalan yang terbaik.

“Ya itu kita harus berbicara dengan Dishub, kan kita kerja samanya dengan Dishub nah makanya saya ingin ketemu sama Dishub untuk membicarakan masalah tersebut. Bagaimana programnya Pemda untuk membuat kaki lima di situ,” jelasnya.

Sebelumnya, penataan pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang yang diberi ruang untuk berjualan di badan Jalan Jatibaru Raya, disebut melanggar Undang-Undang 38 Pasal 12 tentang Jalan. Hal ini karena fungsi dari jalan dibangun untuk lalu lalang kendaraan, bukan dibangun sebagai tempat berjualan.

Terkait hal tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim penataan Tanah Abang sudah sesuai dengan aturan yang ada.

“Tadi ada juga masukan dari Bang Haji Lulung, ada masukan dari Pak Irwandi. Nanti kita bawa rapat tim khusus untuk selalu ada modifikasinya berdasarkan berbasis data,” Ujar Pak Wagub Sandiaga Uno

“Semuanya kita jalankan sesuai dengan aturan, semua kita jalankan, kita sudah mereview semua aturan,” katanya di Masjid Nurul Jihad, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (23/12)

Baca juga Berita dari Berita Indonesia terbaik

Pengawasan APBD Di Era Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Yang DI Ikutin Pak Haji Lulung “Tentang Pemahaman Nenek Elu Ala Ahok “

Berikan Komentar Anda Disini

comments